Rabu, 11 Januari 2012

TIPS MENAIKKAN PERFORMA SATRIA FU DENGAN BUDGET MINIM

Bagi para penyemplak satria FU yang uang jajan minim, tapi pingin motornya lebih garang. Silahkan ikuti step-step ini:
  1. Pilot jet naikan ukuran 1-2 step, misal dari 12,5 jadi 15 atau 17,5.Pilot jet pengaruh untuk start awal, pilot jet berguna menyumplai bahan bahan bakar untuk 0 - 1/4 throttle. Penambahan ukran Pilotjet juga berguna untuk Mengurangi gejala knalpot nembak seperti yang telah dibahas pada postingan sebelumnya. Peningkatan ukuran pilot jet jangan terlalu besar nanti boros dan karburator bisa mengembun karena bensin banyak tapi udara cuma seadanya. Alias campuran terlalu kaya (rich)
  2. Main jet naikin ukuranya 2-3 step. Misalnya dari 115 jadi 130 Penjelasnnya : karena mainjet paling efektif untuk 3/4 - full throttle alias gas dibuka full. Yang tujuannya adalah untuk mempersingkat mencapai Top speed karena suplly BBM optimal. 
  3. Naikan klip jarum skepnya 1-2 tingkat. Pada 1/4 - 3/4 throttle (hitung dari putaran grip di setang) yang bekerja ada jarum skep. Jadi posisi jarum memerlukan perhatian khusus juga.
  4. Buka Filter udara dan diganti pake after market kaya K&;N atau yang produk lain (TDR dll) supaya angin lebih banyak masuk tapi debu tetep terperangkap di filter.
  5. Setting lagi Air Screw.Caranya putar air screw, searah jarum jam sampai mentok, lalu putar lg ke kiri sampai dapat rpm tertinggi, lalu baru atur gasnya turunin jd 1400 rpm ,biasanya dapat 1 - 1 1/2 putaran counter clockwise. Jika kurang jelas bisa dilihat diulasan Cara setting karbu.
  6. Gear (sprocket) belakang kurangi 2 atau 1 mata, mis dari 43 menjadi 41 atau 42 mata..atau gear depan ditambah 1 mata. 


efeknya Tarikan jadi sedikit lambat tapi top speed akan bertambah.. Tapi bagi yang motornya stop and go, lompati langkah ini.
7. Kompresi Satria F150 sudah relatif tinggi 10,2 : 1 , jadi emang mesti pake BBM oktan tinggi (pertamax plus atau Pertamax). Kalo oktan terlampau rendah, efek mesin bisa knocking alias ngelitik..kalo tetap dipaksakan maka komponennya, piston, Klep umur pakai lebih pendek. Jangan takut bagi yang masih tetep pengin pakai Bensin Biasa. Ada solusi untuk menghindari kerusakan mesin tersebut. Silahkan baca ulasannya Bahan bakar untuk Satria FU disini.
Nah demikian cara agar FU bisa lebih kencang dengan dana yang murah. Jadi tetep bisa traktir para cewek kecengan lo semua... Siiip.. keep safty riding

KARBURATOR PE 28 UNTUK SATRIA FU ciri-ciri karburator pe 28 china, thailand, jepang

Kenapa saya Pake PE 28?? Semua berawal saat karburator OEM den Bei Satria FU, yaitu Mikuni BS 26 yang bertipe Vakum mengalami masalah, akhirnya saya harus mencari karbu pengganti. Mau diganti dengan jenis yang sama. atau yang lainnya yah??? Karena beberapa pertimbangan akhirnya saya memutuskan untuk memakai Karbu PE 28 yang merupakan karburator bawaan dari Honda NSR SP untuk menggantikan Mikuni BS26. Bila dibanding dengan Karburator Bawaan den Bei Satria FU, Karburator jenis PE 28 tentu lebih responsif . Selain karena diameter yang lebih besar 2 mm, Karbu ini tidak menganut sistem vakum. Yang artinya naik turunnya jarum (jet needle)  langsung dari tarikkan gas bukan karena kevakuman. 
Browsing-browsing, ternyata dipasaran ada beberapa jenis karbu PE 28. Mulai dari buatan China , Thailand sampai yang buatan Japan.
Dan Masing masing tentunya punya ciri-ciri dan kelebihannya. Untuk yang bikinan China, saya baca-baca bodinya berwarna terang, jarum skepnya punya ulir buat disetel, finishing bodi kasar. Dan kelebihannya selain harga yang relatif lebih murah (dibandrol 300an ribu). Hati-hati jika membeli barang ini karena sangat susah disetting.

Untuk yang bikinan Thailand adalah paling disuka para pengoprek motor. Cirinya Warna gelap, jarum tidak ada setelan ulirnya, finishing rapi, tertulis Made in T, biasa dijual tanpa kemasan. Harga dipasaran direntang 500 hingga 600 ribuan. Jika dibanding dengan buatan china, Karbu Thailand ini relatif lebih mudah disetting. Selain itu, karbu Thailand ini mudah ditemui dipasaran.
Disamping PE 28 Thailand ada juga  PE 28 Ori Honda Thailand. Warna sama gelapnya, skep warna krom tapi dalemnya kuning emas dan berat. Jarum juga tidak ada ulir setelan,  Finishing lebih rapi, dijual dengan kemasan dus Honda lengkap dengan Code part. Beberapa sumber menyebutkan bahwa karbu ori Honda Thailand ini sebenarnya sama saja dengan yang Thailand Cuma beda dikemasan saja. Tapi sumber lain menyebutkan berbeda. harga PE 28 ori Honda Thiland ini direntang 850 – 900ribu.

PE 28 Made in Jepang  harga diatas 1 juta. Ada yang original Keihin, ada juga Keihin re-Setting oleh Sudco atau Daytona. Finishing jelas rapi, jarum skep ada ulir setelan, skep di chrom dan dasarnya kuning keemasan dan berat. choke nempel di karbu langsung (kaya karbu RX King), tulisan keihin Timbul dan tertulis "Made in Japan". Di bagian bawah mangkuk karbu ada semacam tutup baut cukup gede konon katanya berguna saat setting motor perlu gonta-ganti ukuran PJ/MJ ga perlu buka mangkuk karbu, cukup lepas tutup baut tsb dan PJ/MJ bisa dibongkar pasang lewat lubang tersebut.

Kebetulan Den Bei Satria FU pakai PE 28 Japan resetting by Sudco. Meskipun PE 28 mendapat predikat karbu sejuta umat, saya tetep harus beli online via kaskus. Karena di Masohi belum tersedia.  Dalam pemasangannya ke den Bei nggak pake kendala yang berarti. Langsung plek baik manifold dan Filter . Jadi masih pakai yang OEM Satria FU. Kabel gas juga masih pakai Aslinya dengan sedikit modifikasi,
Cara pasang kabel gas standar ke PE 28 dah pernah saya posting. Untuk urusan setting, saya nggak pake ribet. melayani CDI, Koil, Filter semuanya standart cukup pakai PilotJet 38 MainJet 115 dah langsung uenak. Guampang banget.

Pokoknya Apapun PE 28 nya, Larinya ngacir....


Tips memilih CAM RACING

Bagi bro yang udah senior di urusan mekanisme mesin motor,mungkin artikel ini udah biasa di terapkan sehari-hari,tapi buat saya artikel ini begitu membantu dalam pemilihan di saat membeli cam racing
Tulisan ini di aransemen ulang seperti pada tulisan tabloid otoplus edisi 20/VI minggu kedua nopember 2008 dengan judul ”pilih kem racing-bawa sigmat lebih akurat”
Dalam menentukan kem racing sesuai dengan tingkat korekan motor harian,telah banyak merk-merk kem after market yang dijual di speeshop,merk dan ukuranya pun beragam


Hati-hati dalam memilih kem racing karena jika kita salah mengaplikasikanya akan sangat berdampak ngedrop dan terasa banget pada mesin motor kita,jangankan menambah topspeed untuk mengail axelarasi pun terasa lamban dan anehnya lagi BBM yang di konsumsi mesin akan menjadi boros
”kem yang memang untuk performa,powernya pasti naik,seperti kem kami yang mampu menambah tenaga mesin sampai 1 DK dalam keadaan(mesin) standart,dan itu cukup menganti kem saja ” sebut Hendriansyah bos HRP yang pernah melakukan ujicoba kem diatas Dynotes..
Supaya tidak tersesat Torana lodong mekanik team Suzuki Hendriansyah Evalube FDR coba memberi solusi soal pemilhan noken as
” sebaiknya tau ukuran kem standart,jadi waktu beli kem aftermarket yang akan dibeli diukur terlebih dahulu profil kem tersebut
Kem diukur tinggi profil kem dan lebar kem selanjutnya diukur besar kem nya saja
Kalau mencari durasi dan lift valve sangat sulit,karena butuh dipasangkan dengan mesin nya untuk mengukur angka yg pasti.tapi biasanya dengan lebar dan tinggi kem lebih besar dari standart,durasi dan liftnya udah naik ”.
Cara itu juga berlaku buat mengukur kem buang.jadi kedua tonjolan noken as di ukur.semua untuk memastikan apakah ukuran kem racing lebih besar dari kem standat
JIKA KEM LEBIH KURUS
Kalau tinggi kem dan lebarnya lebih kecil dari kem standart mending jangan di aplikasi
Berbeda kalau hanya tinggi atau lebarnya saja yang lebih kecil dari standat
Kemungkinan kem ini memainkan durasi atau bahkan hanya angkatan klepnya saja artinya kem aftermarket tersebut kemungkinan punya durasi lebih lama dari standart,tapi liftnya sama dengan asli
Atau sebaliknya,kem tersebut mempunyai lift lebih tinggi dari kem standart tapi durasinya sama dengan kem standart
Nah kalau tinggi dan lebar kem lebih besar dari kem standat artinya kem tersebut menganut durasi lebih lama dan lift lebih tinggi dari noken as bawaan motor
PROFIL KEM GEMUK BELUM TENTU BAGUS
sebuah kem dinyatakan dapat berpengaruh pada performa mesin bukan lantaran kem tersebut mempunyai(jauh beda) durasi lama dan lift yang tinggi dari cam standat namun perubahanya membesarnya harus sesuai dengan karakter korekan mesin itu sendiri
Sebagai contoh:
Kem HRP perubahan pada tinggi dan lebar kem terpaut tipis sekali,namun malah cocok ama mesin harian dan sanggup mendongkrak tenaga 1dk dengan hanya mengganti kem saja.klaim HRP

Installasi Zimbra Dgn OpenSUSE

Instalasi ZCS pada OpenSUSE 10.2 diambil dari posting pada Blog Migrasi Windows-Linux. Panduan ini sesuai dengan panduan pada Zimbra Forum. Langkah-langkahnya cukup mudah dan jika sudah terinstall, bayangan kerumitan setup mail server pada sistem Linux akan langsung terhapus dalam sekejap .
Berikut adalah langkah-langkahnya :
  1. Install OpenSuSE 10.2. Jika sudah terbiasa pada aplikasi server, gunakan pilihan installasi OpenSuSE 10.2 dalam modus Text Mode agar service yang tidak diperlukan tidak digunakan.
  2. Pastikan hostname Zimbra Server ditulis secara Fully Qualified Domain Name (FQDN). Silakan lihat pada /etc/hosts. Contoh FQDN : mailserver.perusahaan.co.id. NOTE : Untuk menghindari bias antara mail server pada ISP dengan mail server pada intranet, hindari penggunakan hostname dengan nama mail !
  3. Install postfix, fetchmail, cURL, libidn, GMP dan compat-libstdc++ melalui YAST
  4. Hapus instalasi Apache, MySQL, OpenLDAP, Amavis, Spamassassin. Zimbra menggunakan port web untuk akses webmail, jadi sebaiknya webserver tidak digabung dengan Zimbra atau web server menggunakan port lain.
  5. Pastikan sudah ada DNS Server dan masukkan hostname Zimbra pada Zone yang ada untuk A dan MX Records. Sebagian besar masalah install Zimbra terletak disini. Jika DNS Server adalah mail server Zimbra sendiri, lakukan instalasi dan konfigurasi DNS Server. Salah satu panduan yang cukup mudah mengenai setting DNS Server pada OpenSUSE dapat dibaca pada : DNS Setting on OpenSUSE 10.2.
  6. Download Zimbra, ambil binaries untuk SuSE 10. Contoh pada panduan ini menggunakan zcs-4.5.5_GA_838.SuSE10.tgz dengan besar 194.9 MB
  7. Copy ke folder instalasi, misalnya /opt
  8. Ekstrak file Zimbra
# tar -zxvf zcs-4.5.5_GA_838.SuSE10.tgz
  1. Masuk ke folder Zimbra 
          # cd zcs
  10.   Ubah file /etc/syslog-ng/syslog-ng.conf dan tambahkan baris berikut pada bagian bawah file
filter f_local0 { facility(local0); }; # zimbra
destination zmail { file("/var/log/zimbra.log" owner("zimbra") );}; # zimbra
log { source(src); filter(f_mail); destination(zmail); }; # zimbra
destination local0 { file("/var/log/zimbra.log" owner("zimbra") ); }; # zimbra
log { source(src); filter(f_local0); destination(local0); }; # zimbra
filter f_auth { facility(auth); }; # zimbra
destination zmauth { file("/var/log/zimbra.log" owner("zimbra") ); }; # zimbra
log { source(src); filter(f_auth); destination(zmauth); }; # zimbra
11.  Matikan service yang kemungkinan bisa konflik dengan Zimbra
#service postfix stop
#chkconfig postfix off
12.  Install Zimbra
# ./install.shSatu-satunya hal yang diperlukan saat proses install adalah mengubah password Admin (biasanya ditandai dengan tanda bintang). Lakukan perubahan dengan menekan angka yang bersesuaian dengan menu.
13. Pada saat proses install sampai pada menu Zimbra, buka terminal lain (dalam tab terpisah misalnya) dan ketik perintah :
# ln -s /usr/lib/libexpat.so.1.5.0 /opt/zimbra/httpd-2.0.54/lib/libexpat.so.0 ; chmod 640 /etc/sudoers
14. Hapus service Zimbra
# chkconfig --del zimbra
15. Ubah file /etc/init.d/zimbra dan tambahkan baris berikut pada bagian bawah komentar (komentar ada pada bagian atas file)
### BEGIN INIT INFO
# Provides: zimbra
# Required-Start: $network $syslog
# Required-Stop:
# Default-Start: 3 5
# Default-Stop: 0 1 2 6
# Description: Zimbra mail service
### END INIT INFO
16. Ubah perintah “killall -HUP syslogd” dengan “/sbin/rcsyslog restart” pada file /opt/zimbra/bin/zmsyslogsetup dan /opt/zimbra/conf/zmlogrotate
- Restart syslog
# /sbin/rcsyslog restart
17. Masukkan service Zimbra
# chkconfig --add zimbra ;chkconfig zimbra on
18. Jalankan Zimbra
# su - zimbra
# /opt/zimbra/bin/zmcontrol stop
# /opt/zimbra/bin/zmcontrol start
# exit
19. Zimbra mail server dapat diakses dengan port SMTP : 25 dan port POP3 : 110 (with TLS support).
20. Zimbra webmail dapat diakses dengan mengetik address http://nama-hostname-zimbra-server atau http://ip-address-zimbra-server


Referensi :
  1. Instalasi Zimbra Collaboration Suite pada OpenSUSE 10.2
  2. ISP-SMTP AUthentication Relay pada Zimbra Collaboration Suite
  3. Installing Zimbra onto OpenSUSE 10.2 a Complete Guide