Kamis, 27 Desember 2012

Warna Warni Kalimutu

Selain keunikan komodo, Flores masih menyimpan keajaiban lain, salah satunya adalah Danau Kalimutu, yang juga dikenal sebagai Danau Tiga Warna. Julukan tersebut diambil dari pesona Danau Kalimutu yang unik karena warna airnya dapat berubah-ubah, dari warna hitam, merah, biru, hijau, hingga putih. Danau Tiga Warna sendiri sebenarnya adalah tiga kawah bekas letusan gunung Kalimutu pada tahun 1886 yang memiliki air berwarna merah, biru, dan putih. Perubahan warna yang unik ini tidak langsung dimulai, melainkan baru terjadi pada tahin 1969, pasca meletusnya Gunung Iya di Ende. Selama ini pula, kira-kira sudah 12 kali Danau ini berubah warna.
Menuju Danau Kalimutu, perjalanan dimulai dari kota Ende yang terletak di arah timur pulau Flores. Dari kota yang pernah menjadi tempat pengasingan presiden RI yang pertama tersebut, Danau Kalimutu masih berjarak sekitar 51 kilometer. Bertandang ke danau ini memang membutuhkan usaha tersendiri. Karena itu, agar bisa menikmatinya, bertolak dan bermalamlah di Kampung Moni, kampong terdekat dari danau Kalimutu, yang dapat ditempuh lewat perjalanan darat selama kurang lebih dua jam dari kota enda.
Saat terbaik meninggalkan Kampung Moni untuk bergerak menuju pintu masuk Danau Kalimutu adalah sekitar pukul 03.00 agar dapat menikmati panorama matahari terbit di Danau Tiga Warna. Berharaplah cuaca mendukung, karena bila kabut turun sangat tebal, pendakian terpaksa harus dibatalkan karena alasan keamanan. Dari kampong di Desa Moni Koanara yang terletak sejauh 13 kilometer dari danau, wisatawan masih harus melakukan perjalanan menggunakan mobil selama kurang lebih satu jam untuk menuju pintu masuk. Dari sini, turis masih harus menyusuri dan mendaki gunung Kalimutu selama satu setengah jam hingga akhirnya mencapai Danau Tiga Warna. Namun semua usaha itu terbayar ketika melihat pemandangan edelweiss yang ditemani dengan panorama matahari terbit selepas mendaki. Apalagi keindahan yang luar biasa telah menanti di puncak. Perpaduan warna hitam, hijau, dan biru telur asin dari Danau Tiga Warna akan menyambut kehadiran Kita. (Sumber : Majalah Bukopin Prioritas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar